Sabtu, 28 September 2013

TUGAS 1. EKONOMI KOPERASI #

Tobia Rahastya Abram

2EA09  /  17212419 

FAKULTAS EKONOMI GUNADARMA 

1) Bagaimana kemajuan koperasi sejak pertama kali didirikan hingga saat ini ?

Jawab : 

Menurut saya, perkembangan koperasi di Indonesia cukup berkembang dengan baik, hanya saja, perkembangannya , pada umumnya hanya dirasakan pada masayarakat golongan menengah kebawah. 

Pada dasarnya koperasi terutama di Indonesia sendiri sudah mulai berdiri sejak zaman penjajahan Belanda dan berkembang hingga saat ini. Pada kenyataannya, yang sangat masih bergantung pada koperasi adalah masayarakat pedesaan atau masyarakat pada golongan menengah kebawah. 

Bukan berarti disini koperasi tidak megalami kemajuan, hanya saja kemajuannya itu sendiri tidak langsung dirasakan oleh masyarakat luas dari semua golongan.

Bagi masyarakat golongan atas, pada umumnya, koperasi sudah tidak dilirik lagi, dan sangat kecil persentasinya. Karena seiring berjalannya waktu, banyak lembaga lembaga keuangan yang sudah lebih maju seperti PERBANKAN, lembaga Asuransi, dan lembaga simpan pinjam yang sudah marak di kota kota besar pada zaman modern ini. 

Bukan berarti disini koperasi tidak megalami kemajuan, hanya saja kemajuannya itu sendiri tidak langsung dirasakan oleh masyarakat luas dari semua golongan. 

Padahal jika masyarakat lebih mengetahui lagi fungsi, peran, dan manfaat dari koperasi itu sendiri secara mendalam, koperasi bisa menjadi salah satu lembaga yang lebih maju lagi di negeri ini. Karena pada dasarnya prinsip koperasi itu sendiri adalah memenuhi semua kebutuhan dan memberikan pinjaman kepada semua golongan masyarakat, bukan kepada masyarakat golongan tertentu saja.

 Oleh karena itu, koperasi di Indonesia tetap berkembang seiring berjalannya waktu, namun, perkembangannya masih kalah jauh bila dibandingkan dengan lembaga-lembaga keuangan yang berkembang pesat pada zaman sekarang.

 

 2) Hal-hal apa saja yang telah dicapai ?

Jawab :

1.Telah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat (konsumsi) terutama di daerah pedesaan seperti KUD.
2.Membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha.

3.Meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

4.Berperan dalam membangun tatanan perekonomian nasional.

5.Meningkatkan penghasilan anggota-anggotanya. Sisa hasil usaha yang diperoleh koperasi dibagikan kembali kepada para anggotanya sesuai dengan jasa dan aktivitasnya.
 

6.Menawarkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah. Barang dan jasa yang ditawarkan oleh koperasi lebih murah dari yang ditawarkan di toko-toko. Hal ini bertujuan agar barang dan jasa mampu dibeli para anggota koperasi yang kurang mampu.
 

7. Menumbuhkan motif berusaha yang berperikemanusiaan.

SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/manfaat-koperasi-bagi-masyarakat/
http://www.infosagala.com/tujuan-dan-manfaat-koperasi/







  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar